02 Desember, 2008

Sekilas Tentang Mioma

Tulisan soal mioma ini terinspirasi karena aku juga ada mioma. Pertama kali terdeteksi pada saat hamil Olan dulu di usia kehamilan 3 bulan. Kaget?? tentu saja..banget malah!!. Karena terus terang mioma adalah tumor..dan sangat menakutkan bagi ku. Tetapi alhamdulillah kehamilanku bisa di teruskan, tidak masalah walau ada mioma. Waktu itu ukuran mioma adalah 5 cm..dokter bilang, setelah melahirkan ukurannya bisa berubah, mengecil atau bahkan membesar. OMG..aku begitu ketakutan (maklum tidak pengalaman, dan tidak ada riwayat tumor dalam keluarga). Dan setelah kelahiran, cek lagi ke dokter..alhamdulillah..ukurannya mengecil menjadi 3.5 cm. Dokter juga kasih info bahwa mioma ini akan hilang pada saat masa manopouse. Agak lega sie..tapi itu kan masih lama banget hehehe..
Rencananya minggu ini mau ke dokter tuk periksa si mioma ini, terus terang aku takut seandainya ternyata ukurannya udah membesar :(

Ok, mari lanjut info nya......

Apa sih Mioma itu ?

Mioma Uteri adalah suatu tumor jinak pada rahim yang berasal dari otot rahim . Biasa disebut mioma atau myom atau tumor otot rahim. Tumor ini letaknya pada alat reproduksi wanita. Jumlah penderita belum diketahui secara akurat karena banyak yang tidak merasakan keluhan sehingga tidak segera memeriksakannya ke dokter.

Riwayat Penyakit

Asal mulanya penyakit mioma uteri berasal dari otot polos rahim. Beberapa teori menyebutkan pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormon estrogen. Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggi dibandingkan jaringan otot kandungan (miometrium) sekitarnya sehingga mioma uteri ini sering kali tumbuh lebih cepat pada kehamilan (membesar pada usia reproduksi) dan biasanya berkurang ukurannya sesudah menopause (mengecil pada pascamenopause)
Sering kali tumor jinak rahim ke arah rongga ini membesar dan bertumbuh keluar dari mulut rahim. Tumor yang ada dalam rahim dapat tumbuh lebih dari satu, teraba seperti kenyal, bentuknya bulat dan berbenjol-benjol sesuai ukuran tumor. Beratnya bervariasi, mulai dari beberapa gram saja, namun bisa juga mencapai 5 kilogram atau lebih.


Jenis Mioma

Berdasarkan lokasinya mioma uteri dibagi dalam tiga jenis:
Pertumbuhan tetap di dalam dinding rahim
Pertumbuhan ke arah rongga rahim
Pertumbuhan ke arah permukaan dinding rahim

Gejala dan Tanda

Sebagian penyakit ini ditemukan secara kebetulan pada saat pemeriksaan panggul rutin. Gejala yang timbul bergantung pada lokasi dan besarnya tumor, namun yang paling sering ditemukan adalah:
- Perdarahan yang banyak dan lama selama masa haid atau pun di luar masa haid.
- Rasa nyeri karena tekanan tumor dan terputarnya tangkal tumor, serta adanya infeksi di dalam rahim.
- Penekanan pada organ di sekitar tumor seperti kandung kemih, ureter, rektum atau organ rongga panggul lainnya, menimbulkan gangguan buang air besar dan buang air kecil, pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul, gangguan ginjal karena pembengkakan tangkai tumor.
- Gangguan sulit hamil karena terjadi penekanan pada saluran indung telur.
- Pada bagian bawah perut dekat rahim terasa kenyal.

Sering kali penderita merasa nyeri akibat miom mengalami degenerasi atau kontraksi uterus berlebihan pada mioma yang tumbuh ke dalam rongga rahim. Pasangan suami istri sering kali sulit untuk punya anak (infertilitas) disebabkan gangguan pada tuba, gangguan implantasi pada endometrium, penyumbatan, dan sebagainya.
Mioma Uteri dapat mengganggu kehamilan dengan dampak berupa kelainan letak bayi dan plasenta, terhalangnya jalan lahir, kelemahan pada saat kontraksi rahim, pendarahan yang banyak setelah melahirkan dan gangguan pelepasan plasenta, bahkan bisa menyebabkan keguguran.
Sebaliknya, kehamilan juga bisa berdampak memperparah Mioma Uteri. Saat hamil, mioma uteri cenderung membesar, dan sering juga terjadi perubahan dari tumor yang menyebabkan perdarahan dalam tumor sehingga menimbulkan nyeri. Selain itu, selama kehamilan, tangkai tumor bisa terputar.

Cara mengatasi

Bila tumor berukuran kecil dan tidak membesar, cukup dilakukan pemeriksaan rutin setiap 3-6 bulan sekali, pengecilan tumor sementara dengan obat-obatan GnRH analog, mioma memiliki lapisan kapsul yang tegas, dapat dipisahkan/dikupas dari massa tumornya. Jika terjadi komplikasi dan timbul perdarahan, perlu diberikan transfusi darah dan obat penghilang rasa nyeri. Tindakan operasi dilakukan jika tumor membesar dan bila timbul gejala penekanan dan nyeri dan perdarahan yang terus menerus.

Operasi pembedahan: dengan histerektomi (pengangkatan kandungan) jika tidak ada rencana hamil lagi, atau miomektomi (mengangkat miomnya saja) pada usia reproduksi/masih rencana hamil. Namun jika massa tumor terlalu besar atau luas, kadang tidak memungkinkan hanya dilakukan pengangkatan massa tumor, sehingga tetap dilakukan histerektomi

---------------------------

Rabu tanggal 3 Desember 2008 jam 7 malem, aku ada appointment dengan dokter, stelah di cek..hasilnya adalah : Mioma tetap dalam ukuran 3.5 cm, alhamdulillah...

---------------------------

Sumber dari sini. dan Dr.Santoso Kusumo Widagdo, SpOG

30 komentar:

Eucalyptus mengatakan...

Duh, memang jadi perempuan gak mudah ya... Miom ini juga cukup menyeramkan klo sampai membesar...
Iparku aja punya mion didiemin... cuman minum obat aja, alhamdulilah mengecil seh, klo gak kudu di operasi tuh

Dilla mengatakan...

Waah..alhamdulilah jeng..ukuran tetep ya gak berubah..
moga-moga dirimu sehat walafiat yaaaampe menopouse entar..wekekeke..

Yolla Elwyn mengatakan...

Wah mudah2an gak membesar ya mbak..
Emang penyakit2 begini nih bikin keder perempuan..saya sampe takutnya tau nyampe gak berani periksa..hiii..

mommy adit mengatakan...

alhamdulillah ya, miom nya nggak "kuat".. klo terjadi pada ibu2 yg miom nya membesar, kemungkinan gak bisa punya putra ya?

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ eucalyptus --> aku ga pake obat bun, alhamdulillah juga ga berasa sakit sie.

@ Dilla --> wkekeke..iya jeng tengs doanya, moga2 sehat wal afiat

@ Yolla Elwyn --> iya moga2 ga membesar. Btw ayook periksa, lebih lega lho rasanya..walo takut :P

@ Mommy Adit --> betul mom, emang banyak kasus yang seperti itu. Syukur alhamdulillah kehamilan aku waktu itu berjalan lancar.

EvieJPu mengatakan...

emang banyak bgt cobaan untuk wanita,payudara,mulut rahim,reproduksi..wah..pokoknya klo tdk terdeteksi dari awal..sungguh ngeri,klo aku dulu pernah merasa nyeri di dadaku,akhirnya mammografi,alhamdulillah ga ada yg membahayakan.

Semoga kedepannya Kristin selalu diberi kesehatan,amin

elly.s mengatakan...

haduuuh syukur banget deh Tin...kalo nggak membesar..
moga makin kecil ya...

aq harus ngecek juga neh..
tq ya infonya

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ EvieJPu --> Iya nih mbak, adaaaa aja penyakit wanita. wah alhamdulillah ya mbak abis di mammografi ga ada yang membahayakan.

@ elly.s --> tengs bun doanya..btw blom pernah cek kah? hayoo..hayoo..segera lakukan hehehe..

Srex Aswinto mengatakan...

Ya untunglah ketahuan mbak...biasanya myoma emang tanpa gejala/keluhan ....kebanyakan ketemu saat dilakukan pemeriksaan lainnya, makanya buat para ibu2 perlu deh check organ kandungan rutin walau gak ada keluhan......

EvieJPu mengatakan...

Amala itu sahabatku,kami biasa senam bareng,pas dia pindah ke Kudus ( mei lalu ),aku dah males senam lagi. Nah tgl 2 kmrn aku ama Rita mulai senam lagi,pas buka lemari mau ambil baju senam,itu aroma bajunya ngingetin aku ama masa2 waktu aku senam ama Amala..jadinya aku lgsg sedih,kangen,lgsg dada sesak..duh..bener..waktu pisahan..tangis2an yg amat sangat..

Skrg aku jadi kangeeeeen bgt ama Amala...

JelajahiDuniaEly mengatakan...

thanks infonya ya

Ryuta Ando mengatakan...

Khawatir deh..mudah-mudahanan semua baik2 aja ya.

Ada rencana mau nambah dedek ya? Goodluck klo gitu..

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ Srex Aswinto --> gimanapun juga cek n ricek sangat di perlukan pak, alhamdulillah dapat terdeteksi dini.

@ Evie JPu --> wah pasti bekesan banget ya..ampe aroma baju pun bikin dikau tangisan bombay..

@ JelajahiDuniaEly --> sama2 mbak..moga bermanfaat :)

@ Ryuta Ando --> huhuhu..takut juga nih mbak, moga2 everything ok.
Soal nambah dedek tahun 2010 deh keknya wkekeke...insyaAllah..

omiyan mengatakan...

Itulah mengapa wanita mempunyai tempat yang sangat mulia di sisi Allah SWT

Evy mengatakan...

ya Allah seremnya...
moga2 didalam rahimku gak ada, takut juga nih jadinya setelah baca ceritanya mbak kristin:(
kalo buang air besar kadang suka sakit gimana tuh mbak? kadang rasanya sedikit kayak kontraksi melahirkan gitu, tapi jarang sih..
duh jadi kepikiran:(
kalo di usg pas hamil keliatan gak si mioma ini mbak?
*loh jadi nanya2 gini.. maap*

Vivie mengatakan...

tengkyu.....tengkyu.....mom buat infonya tentang mioma karena sangat membantu banget apalag gw yg nih yg jauh di negeri antah berantah he..he..he.....

Meidy mengatakan...

Aduuuhh... postingnya berguna bgt.. soalnya aku juga punya mioma mb.. jd lebih ngerti deh.. thx mb.. :)

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ Omiyan --> amin..amin..ya rabbal alamiin.

@ Evy --> ayo jeng..segera periksa deh..moga2 "beres" yaa n ga ada apa2. Btw kalo aku sakitnya pas pipis aja (kl lg ga sakit, sih engga) dan ini juga baru 2x sejak terdeteksi. Mioma ini justru terdeteksi saat USG..bisa tau posisi n ukuran lengkap.

@ Vivie --> sama2 Vie..moga bermanfaat. Gitu yaa..balada hidup di negeri sebrang wkekeke...*pengen*

@ Meidy --> wah ada mioma juga ya..? walo katanya bisa pengaruh di kehamilan, tetep semangat yaa..mbak..moga2 bisa segera menimang :)

Rita Kusuma mengatakan...

makasih ya infonya, kapan hari aku sempet nanya ya ..
aku doain sehat terus ya bu..

Rosa mengatakan...

weh...ikutan ngeri neh bacanya sambil mrinding. moga2 aku gak kena. moga aja epet hilang ya....semuanya memang ada di kekuatan doa...

Lyla mengatakan...

perempuan memang rumit ya... serba hati2

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ Rita Kusuma --> iya makasih jeng doanya, btw ini yang kapan hari kita YM an itu wkekeke...

@ Rosa --> terakhir cek sih, udah lega kok Ros. Ohya ga ada salahnya kl kmu periksa juga...:)

@ Lyla --> yahh..begitulah kira2 ;) gpp lah di nikmatin aja..

Febrie Pereiza mengatakan...

kalo dah operasi tin .. sblm punya anak tuh, operasi kista ama mioma ..
dulu mioma dah lumayan gede jadi mesti operasi, sampe dokter bilang kemungkinan punya anak cuman 30% ..

mama devano mengatakan...

Aduh jeng Kristin, terimakasih lho ada informasi ini. Mudah2 an miomanya tambah mengecil atau malah hilang

Kristin A Kusuma mengatakan...

@ Febrie Pereiza --> Whuaa..dikau ternyata operasi kista & mioma ya..alhamdulillah ya..ternyata berhasil ada 4 krucils ;)

@ mama devano --> sama2 jeng leni..moga bermanfaat. tengs yaa doanya..

Madam Voisin mengatakan...

Aduuh thanks ya infonya penting bgt nih !! Kudoain miom nya semakin hialng. hindari junk food, msg, pengawet dan konco-konya yaaa.. HIDUP SEHAT !!

Kristin A Kusuma mengatakan...

To: madam voisin
setuju buu marik hidup sehat. tapi kadang kok susaaaaaaaahhh bgt ngindari junk food. hehehe..

Sembuhkan Kista Dan Miom mengatakan...

terima kasih banyak bunda sudah bebagi pengalamannya,

Mahkota Medical Centre Surabaya mengatakan...

Selamat siang, perkenalkan saya danang sefdyanto perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
2. informasi fasilitas & kesehatan
3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi
4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
5. Mempermudah Claim Asuransi.
Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami....
More info
Surabaya Representative Office
Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia
Jl. Barata Jaya XIX / 31C
Surabaya 60131 - Indonesia.
WA : +6281 331777697
Line: +6281 4026 2166
Mobile: +6283 8300 28050
Phone : +6231 5020588 / 5026505
Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

Obat Kista Miom Alami mengatakan...

terima kasih banyak bunda telah berbagi pengalamannya, izin share !