16 Desember, 2008

Saatnya menyapih...????


Tanpa terasa umur Olan udah hampir 2 tahun. Ini artinya saat nya untuk lepas ASI. Yaa..alhamdulillah sih kondisi ASI masih lancar, walo di siang hari ga di kasih ke Olan karena aku kan di kantor. Whuaaa..sedihnya hatikuuu. Iya bener lho, kayaknya ada sesuatu yang bakal hilang. Berdasarkan teori yang pernah aku baca, sebelum masa lepas ASI kita harus komunikasikan dengan anak akan rencana besar ini. Udah sejak bulan lalu tiap kali nenen, aku juga bilang ke Olan.."Olan..bulan depan nenen nya di tutup yaa..ga boleh nenen lagi.." dan jawaban Olan adalah..gelengin kepala dan bilang "ga mauuuuu..". Wkekeke..kalo udah gitu rasanya ga tega deh, karena kalo liat dia pas nenen tuh aku gerasa di butuhiiiiiiin banget. Trus pas pulang kerja juga kata sambutannya adalah : "mamaaaa...nenen...." sambil jingkrak2 dan menuju kamar. Duh ga bisa jelasin dengan kata2 deh..aku yakin temen2 blogger yang kasih ASI mungkin bisa ngerti maksudku. Pasti ada perasaan sedih saat kondisi mau lepas ASI gini.

Satu lagi yang bikin tambah sedih, Olan ini termasuk agak aneh menurutku dalam hal minum sufor di botol. Kalo minum sufor di botol pada saat dia tidur aja, kalo lagi melek mana mau dia minum sufor :(
Sudah berkali2 di coba tetep ga berhasil. Jadi kalo dia dah tidur, baru deh kita kasih sufor. Selama ini dia tidurnya 3x sesi, yaitu jam 9 pagi, jam 2 siang dan tidur malem.
Bisa di bayangkan kan?? padahal semakin besar anak kan tidurnya paling siang aja, duuuuuuuuuh..gimana ya ??

25 komentar:

Rosa mengatakan...

wah, bener neh...sy aja udah ngembayangin gimana ntar klo dah waktunya nyape pasti sedih bgt&gak tega, pdhl Vica msh 16 bln.anakq klo dah nenen sampek meluk2 errat bgt...

May-Danis's Mom mengatakan...

Aduh mbak, 'thouching heart' banget...Hiks sedih jg ya klo spt ini, emang sih mbak dlm hal 'weaning/nyapih' harus ada keikhlasan baik dari Ibu or baby-nya.
"Olan anak pinter, nurut sama mama ya sayang?"

ke2nai mengatakan...

sy blm berhasil jg nie nyapih Nai pdhl umurnya udh 2th,7bln. Msh blm mempan jg di bujukin. Tp emang berasa ada yg ilang y kl anak brenti ASI. Itu sy rasain bgt wkt Keke mulai bs di sapih.. :)

Kl mslh tidur mnrt saya sie biarin aja slm anaknya gak rewel. Tetep ceria. Nanti juga bakal ada perubahan lagi..

elly.s mengatakan...

pelan2 say...
lama2 dia ngerti..
gutlak ya...

Yolla Elwyn mengatakan...

kesian olan mo disapih ya..hi
Gak pa pa..itu tandanya bentar lg mo dikasih dedek..ha

mommy adit mengatakan...

Olan (dan mamanya) pasti bisa kok!! Adit dulu juga sebelum disapih suka dibilangin: Kalau umurnya dua tahun berenti nenennya ya? jawabnya: iya....

srex aswinto mengatakan...

Dulu waktu anak 1 ku di sapih umurnya jg 2 tahun, anaknya tenang2 aja, tapi mamahnya yg gelisah terussss...sampe susah tidur.

Nah waktu anak ke 2, mama nya minta waktu neteki sampe hampir 4 tahun...setelah di sapih, anak dah siap, gak ada masalah...tapi mama nya jadi bingung juga...soalnya papa nya udah kadung gak biasa...jadi cuek2 aja....kalo sekarang sih udah nggak...(penuh perhatian papa nya)

Eucalyptus mengatakan...

Hebat euy menyusui sampai umur hampir 2 tahun.... ckckck, klo saya paling lama cuman 8 bln lho, abis ditinggal kerja sih...
Emang gampang2 susah lho anak disapih, apalagi udah ngerti kaya Olan ya... udah bisa minta..

Erwein mengatakan...

Wew, dah punya anak ya?hehe..

Febrie mengatakan...

iya pelan2 aja, lama2 juga dia terbiasa kok ..

Ryuta Ando mengatakan...

Step by step aja kali ya, nanti lama-lama juga bisa lepas nenennya.

Goodluck ya Olan..

Evy mengatakan...

pasti susah dan berat hati sekali. aku baca beberapa cerita menyapih yang sedih banget. moga2 nanti gampang menyapihnya yah mbak...

pelan2 aja yang peting olan dan mamanya dua2nya sepakat untuk sapihan. mudah2an gak lebih dari 2 taun, malahan yang aku tau kewajiban menyusui anak itu cuma 20bulan. olan nurut mama ya sayang;)

Rita Kusuma mengatakan...

udah hampir 2 tahun ya??? pasti sulit ya...
tapi smoga bisa lancar deh nyapihnya, soalnya kalo susah kasihan Olan juga ya mam..

mama devano mengatakan...

memang sedih rasanya mau nyapih anak, tapi kalau tiba waktunya memang harus ditega2in jeng.

Dulu Devan malah umur 10 hari harus disapih karena positif kena tokso yang berasal dari daku. Sedih banget jeng...tapi aku ditenangin sama dokter, walopun mmg tdk ada yg nyamain asi, tapi kita bisa berikan penggantinya minuman dan makanan yg bergizi, insya Allah semuanya akan lancar dan normal.

Mudah2an Olan dan mamanya juga akan cepat beradaptasi ya...

Piyoh mengatakan...

wah...semangat aja ya mbak, namanya juga anak-anak. hehe..selamat hari ibu ya mbak, jadi ibu yang hebat..

eiven gusky mengatakan...

Jadi ingat keponakan sy yang hanya kenal ASI 1minggu karna ditinggal mamanya untuk selamanya dan dia hanya kenal sufor sebagai pengganti asi..*jadi cerita*:D
ohiya salam kenal juga ya n selamat hari ibu :)

Download Template mengatakan...

What a such lovely kid ^^!

Kristin A Kusuma mengatakan...

To: Rosa & May-Danis's mom
Iya jeng ntar kalo saat nya tiba dimana si vica & danis udah waktunya nyapih. Huhhuhu..:( pasti sedih juga

Kristin A Kusuma mengatakan...

To: Ke2Nai

Wow Nai malah umur segitu blom di sapih juga ya ehehehe...

To: elly.s, Yolla Elwin, mommy adit

Iya nih..keknya memang harus sabar ya. thanks ya buk..

To: srex aswinto

Duh..bpk yang satu ini emang perhatian banget deh ama keluarga. semangatt pak..*lho kok jadi aku yg kasih semangat yak :P*

Kristin A Kusuma mengatakan...

To: Eucalyptus

Iya lah buk..orang masih bisa kok, dan alhamdulillah ga ada masalah sie..kantor juga deket dari rumah *sengaja*

To: Erwein

Lah..kok kaget tho? aku kan udah ibu2. hehehe...:P

To: Febrie & Ryuta Ando

bener deh memang harus pelan & step by step. thanks ya mom...:)

Kristin A Kusuma mengatakan...

To : Evy & Rita Kusuma
Yups. aku baca cerita juga emang memilukan hehehe..
Moga2 olan & me bisa nglewatin itu semua dengan sukses! amin..

To: mama devano
Duh..ada tokso ya mom. alhamdulillah ya walo ASI cuma 10 hari aja, tapi devan nya sehat selalu..

To: Piyoh
Iya om..moga bisa jadi mama yang hebat. Thanks ya..

To: Eiven Gusky
Duh..kasian ya ponakannya, ceritanya sedih banget...:(

To: Download Template
pastilah om..:)

JelajahiDuniaEly mengatakan...

semoga sukses ya menyapihnya

Ninis mengatakan...

Salam kenal, Mbak Kristin :)

Kebetulan saya barusan nyapih anak bungsu saya 2 bulan lalu..
Memang susah ya... tapi brubung dia udah 2 tahun, risih juga kalo harus nenenin, apalagi kalo dia merajuk di tempat2 umum :)

Berbagai cara saya lakukan, termasuk mengoles puting dengan kunyit, jahe & co hehehe... Tapi gak berhasil. Dia tetep doyan :P
Dan berhasilnya adalah ketika saya kasih tensoplast :D
Sejak saat itu dia bener2 anti ama "nyunyu"nya hehehe (cara dia nyebut susu alias nenen..)

Tiap anak mungkin beda2 ya, tapi menurut saya, usia 2 tahun itu optimal banget buat menyapih..
Good luck ya :)

Kristin A Kusuma mengatakan...

To: JelajahiDuniaEly
Tengs ya mbak, aku juga berharap moga2 sukses..

To: Ninis
Salam kenal juga mbak..
wow pake tensoplas ya?? Ngg..boleh juga tuh, xixixi..nglepasnya ga perih kah? :P

Dilla mengatakan...

Olan..nenen-nya mama bentar lagi abis loo..Olan tau ga siiie...susu segar yg di kotak-kotak itu enaaaak banget deh olan..gak kalah ama nenen mama..malah olan bisa pilih-pilih ada rasa vanilla, tobeli yummy ama cokelat...sruuuuuuuup...xixixi..ayo mam..semangat!! entar kalo mom-nya masih pengen nyusuin..bikin adiknya olan..hehe..duuuuh aq ga punya tips nih..soalnya gak menyusui lama..moga2 entar dede nya alin yaa..